Joomla 3.1 Template by iPage Coupon

HASIL VERIFIKASI FAKTUAL PARPOL DI KUNINGAN

Diterbitkan pada Minggu, 25 November 2012
User Rating:  / 0
TerburukTerbaik 

Sebanyak 10 parpol calon peserta pemilu 2014 di Kabupaten Kuningan dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual tingkat Kabupaten Kuningan. Sementara enam partai lainnya yakni Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) dan Partai Persatuan Nasional (PPN) dinyatakan belum memenuhi syarat. Demikian dikatakan Ketua KPU Kabupaten Kuningan Endun Abdul Haq, M.Pd., sesaat setelah Pleno penyusunan Berita Acara hasil Verifikasi Faktual pada Minggu (25/11) di kantornya.

Endun lebih lanjut mengatakan penilaian tersebut didasarkan kepada proses verifikasi yang berlangsung hampir satu bulan yang menyangkut verifikasi faktual terhadap kebenaran jumlah dan susunan pengurus parpol, pemenuhan keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol sekurang-kurangnya 30 persen, dan domisili kantor tetap dan dokumen yang sah serta verifikasi keanggotaan parpol. “Dari 6 parpol yang belum dinyatakan memenuhi syarat tersebut diantaranya adalah ada yang menyangkut bukti kepemilikan kantor, keterwakilan perempuan dan pemenuhan keanggotaan. Senin besok kita akan layangkan suratnya kepada pimpinan parpol”, tegas Endun.

Oleh karena itu bagi parpol yang belum memenuhi syarat masih dapat melengkapinya pada masa perbaikan.  “Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2012 tentang Tahapan, Program dan Jadual Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD jo PKPU Nomor 11 Tahun 2012 jo PKPU Nomor 15 Tahun 2012, masa perbaikan diberikan selama tujuh hari dari tanggal 27 November sampai dengan 3 Desember 2012. KPU Kabupaten Kuningan akan melakukan verifikasi faktual kembali hasil perbaikan pada tanggal 4 sampai 17 Desember 2012.

“Partai Demokrat dan PDI Perjuangan belum memenuhi syarat pada aspek keterwakilan perempuan dan bukti kepemilikan kantor. Partai Demokrat keterwakilan perempuan hanya mampu memenuhi 29 persen, serta bukti kepemilikan kantor yang belum lengkap sementara PDI Perjuangan hanya belum melengkapi bukti kepemilikan kantor saja yang sekarang. Sementara PPN, PDP, PPRN dan PKBIB menyangkut ada yang berkaitan dengan domisili kantor, kepemilikan kantor, dan khususnya keanggotaan parpol”, papar Endun.

Dilihat: 429

Ayo Memilih

Ayo Memilih Untuk Indonesia!