Joomla 3.1 Template by iPage Coupon

KPU KUNINGAN NGOPI BARENG AWAK MEDIA

Diterbitkan pada Jum'at, 22 Jun 2012
User Rating:  / 1
TerburukTerbaik 

Putaran ke-7 kegiatan yang bertajuk “NGOPI” (NGObrol Pemilu dan demokrasI) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan kembali digelar pada Kamis (21/7), Setelah mengundang berbagai stakeholder pada NGOPI sebelumnya, kali ini para awak media dari berbagai media cetak, media elektronik dan media online yang ada di Kabupaten Kuningan diundang untuk berbagi pendapat dalam masalah demokrasi dan kepemiluan khususnya dalam rangka peran media dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Hadir pada kesempatan Ngopi kali ini, Ketua KPU Kunigan dan para anggotanya, Sekretaris KPU dan seluruh staf sekretariat KPU Kuningan.

Menjelang berbagai perhelatan politik tahun 2013-2014 mendatang, KPU Kuningan saat ini sedang rajin-rajinnya melakukan sosialisasi pemilu ke berbagai lapisan masyarakat. Program Ngopi (Ngobrol Pemilu dan Demokrasi) yang terus digeber KPU sebagai salah satu upaya sosialisasi awal, tidak hanya tertuju kepada kalangan tertentu seperti tokoh masyarakat, akademisi, pelajar, mahasiswa dan kalangan masyarakat lainnya. Kali ini, KPU menggelar sosialisasi pemilu dengan mengajak puluhan wartawan di Kuningan. Peranan media dalam upaya membantu sosialisasi kepada masyarakat agar dapat menjadi pemilih yang baik, sangat membantu program KPU dalam menjelang berbagai agenda politik, seperti Pilgub, Pilbup, Pileg dan Pilpres. Ujar Ketua KPU Kuningan, Endun Abdul Haq, M.Pd.

“Media wajib melakukan sosialisasi pemilu kepada masyarakat dengan mengedepankan netralitas, tanpa berpihak kepada salah satu parpol. Insya Allah, bulan depan kerjasama KPU dengan media akan kita mulai,” janji Endun di depan puluhan wartawan baik dari media cetak, elektronik maupun media online.

Seperti diketahui, trend jumlah angka partisipasi masyarakat dalam pemilu dari tahun ke tahun semakin menurun.  Oleh karena itu pendidikan pemilih tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU saja sebagai penyelenggara pemilu, tapi menjadi tanggung jawab kita bersama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi, “Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum, mutlak kewajiban seluruh stakeholder yang ada, Oleh karena itu peran para awak media untuk dapat menyampaikan betapa pentingnya pemilu dalam kehidupan demokrasi yang dianut oleh negara kita,”

Ditambahkan Heni Susilawati, S.Sos, MM., komisioner KPU Kuningan divisi sosialisasi dan pendidikan pemilih, bahwa KPU Kuningan berikhtiar semaksimal mungkin untuk membangun pengetahuan politik (political knowledge), menumbuhkan kesadaran politik (political awareness) , dan menumbuhkan political will kepada semua elemen dengan mendesain berbagai program dan kegiatan yang kreatif dan inovatif, supaya masyarakat Kuningan khususnya menjadi pemilih yang cerdas, harapnya.***

Dilihat: 878

Ayo Memilih

Ayo Memilih Untuk Indonesia!